P&I Club

Beberapa "Senjata" Untuk Menghalau Perompak

Perompakan masih menjadi masalah yang cukup besar bagi industri maritim, khususnya shipping. Ada banyak pilihan untuk mengatasi perompakan kapal, selain dengan menyewa crew security service yang biasa disebut "Sea Marshal"  beberapa peralatan ataupun "senjata yang tidak mematikan " berikut , biasanya dijadikan pilihan sebuah kapal.

 

 1. Long Range Acoustic Device (LRAD)

LRAD adalah sebuah alat yang dapat mengeluarkan semacam gelombang suara yang dapat menyakitkan telinga manusia.

lrad

 

2.  Anti-Piracy Laser Device

Menggunakan sinar laser yang tidak mematikan , alat ini digunakan untuk menakuti dan memberi peringatan kepada perompak agar tidak mendekat lagi.

laser

 

3. Meriam Air (water canon)  yang dapat dikendalikan Remote Control

Meriam ini dapat menembakkan air dengan sangat kuat sehingga dapat menghalau perompak untuk menaiki kapal. Alat ini juga tentunya harus dapat dikontrol dari jarak jauh yang aman.

watercanon

 

4. Kawat Duri yang Dialiri Listrik

Kawat duri dibentangkan sepanjang kapal saat memasuki area berbahaya , kawat ini dapat ditarik masuk saat tidak digunakan.

 

5. Anti Boarding Device - Razor Wire Canister

Saat diaktifkan, alat ini akan mengeluarkan beberapa kawat tajam yang mengelilingi sisi kapal untuk mencegah perompak naik. Alat ini juga dapat mengeluarkan sedikit gas air mata yang tentunya dapat mengganggu perompak yang mendekat.

 

6. Jaring / Perangkap Kapal

Jaring dapat ditembakkan ataupun dibiarkan mengapung di sekitar pinggiran kapal, sehingga jika ada kapal perompak yang mendekat jaring tersebut dapat tersangkut dan menghentikan laju kapal perompak.

 

7. Slippery Foam / Busa Licin

Bahan cairan berbusa ini dapat dikeluarkan atau disemprotkan di pinggiran kapal ataupun di seluruh dek kapal sehingga membuatnya menjadi licin dan sulit dilalui.

 

8. Cairan Berbau dan Menyengat

Cairan ini menggunakan bahan yang berbau tidak enak dan memberi sensasi menyengat/membakar terhadap kulit sehingga dapat memaksa perompak untuk meloncat ke air.

 

9. Anti Piracy Curtain

Didesain oleh NYK Grup Jepang, sistem ini menggunakan banyak selang yang dipasang disepanjang pinggiran kapal. Jika ada perompak mendekat, air laut dapat dipompakan ke selang-selang tersebut dengan kuat yang menyebabkannya bergerak tak beraturan dan dapat menyakiti siapapun yang mendekat.

curtain

 

10. Anti Piracy Fire Hoses 

Sistem ini menggunakan selang bertekanan tinggi yang menyemprotkan air di sekitar pinggiran kapal untuk menghindari perompak naik.

 

11. Active Denial System – Pain Ray (Electromagnetic wave)

Sistem ini menggunakan energi elektromagnetik yang dapat menembus kulit dan mengakibatkan sensasi terbakar.

 

 Selain beberapa teknologi diatas, beberapa "senjata kecil" yang tidak mematikan  dapat diberikan kepada crew untuk keadaan darurat diantaranya : stun gun/ tasser, rubber ball grenade.

 

Rukan Gedung Gajah Unit ABC No. A2 Floor 3A

Jl. Dokter Saharjo no. 111 , Tebet Jakarta Selatan
Open in Map

(62 - 21) 83706706

Jam Kerja :
Senin - Jumat , 09.00 - 17.00


Partners