P&I Club

Kapal LCT Marina Bay Kebakaran Di Perairan Mandolang

 Kapal LCT Marina Bay kebakaran di Perairan Mandolang, Pulau Dua, atau 3 Mil Laut dari Pulau Lembeh, Sulawesi Utara ke arah timur, pada Jumat (10/11/2023). Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) KN Gandiwa-P 118 telah melakukan pemadaman, pada Jumat malam.

"Kami merespons dengan cepat setelah menerima laporan kebakaran dari agen kapal, PT Karya Bahari Lines. KN Gandiwa-P 118 bersama instansi terkait bergerak bersama-sama untuk memadamkan kebakaran dan mengamankan area kejadian," kata Kepala Pangkalan PLP Kelas II Bitung Kapten Barnabas Fendy Tallu dalam keterangan tertulis Kemenhub, Sabtu (11/11/2023).

Dia mengatakan, Kapal LCT Marina Bay membawa muatan beberapa kontainer dan besi. "Dengan alur pelayaran dari Bitung menuju Almahera, serta membawa 14 ABK," kata dia.

"Kami juga meminta bantuan kepada Kapal KN-P 50048 yang tengah melaksanakan patroli keselamatan maritim di dekat lokasi. Dan segera bergerak ke lokasi kejadian setelah menerima berita terlebih dahulu."

Kapal tersebut, kata dia, kemudian bersama KN Gandiwa-P 118, melakukan pengawasan pada evakuasi ABK LCT Marina Bay. "Ke KM Voyager 03 yang sedang melintas di area tersebut," ujar dia.

"Kami mengapresiasi keterlibatan KT Tondano milik Pelindo 4 Cabang Bitung yang tiba lebih dahulu di lokasi kejadian. Kerja sama lintas sektor sangat penting dalam penanggulangan kebakaran ini."

Alhasil, dia mengatakan, kebakaran berhasil dipadamkan secara menyeluruh, pada Jumat, sekitar pukul 24.00 WIB. "Dan 14 orang anak buah kapal dengan kondisi baik telah diamankan oleh Polair Polda Sulut," kata dia.

"Keberhasilan ini menunjukkan kerja sama dan respons cepat yang baik dari semua pihak. Yang terlibat dalam penanganan kejadian tersebut.

sumber: rri.co.id
Rukan Gedung Gajah Unit ABC No. A2 Floor 3A

Jl. Dokter Saharjo no. 111 , Tebet Jakarta Selatan
Open in Map

(62 - 21) 83706706

Jam Kerja :
Senin - Jumat , 09.00 - 17.00


Partners